Bisnis

Selasa, 8 Oktober 2019 - 17:31 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Tips Menjaga Produktifitas dan Moral Tim Pada Startup

Dalam bisnis pastinya menjaga kekompakan dan juga performa tim adalah salah satu hal yang wajib. Apalagi untuk bisnis startup yang butuh tenaga lebih untuk bisa berjuang sebab statusnya yang merupakan sebuah perusahaan rintisan atau startup. Suasana, kualitas, dan juga performa di dalam tim nantinya akan bisa sangat berpangaruh. Ada banyak cara untuk memelihara suasana yang kondusif dan juga tetap jaga produktifitas serta moral tim. Di bawah ini adalah beberapa tips menjaga moral serta performa tim selain memberikan tambahan gaji.

Tips menjaga produtifitas dan moral tim pada startup

Memberi alasan untuk percaya

Sebelum jauh berbicara tentang bagaimana jaga produktifitas dan juga moral tim, menyelaraskan visi serta misi merupakan salah satu hal terpenting. Persamaan visi ini bisa jadi motivasi untuk setiap individu dan juga bisa berdampak kepada tim secara menyeluruh. Persamaan visi juga dapat memberi setiap individu alasan untuk bekerja yang baik dan sekaligus menularkannya satu dengan lain.

Menunjukkan kepedulian

Untuk setiap karyawan atau pun induvidu di dalam tim tentu akan merasa sangat dihargai bila pemimpim mereka menunjukkan keperdulian pada mereka. Hal yang seperti ini akan memberi ucapan selamat ulang tahu, memberi bingkisan untuk perayaan keluarga, dan juga bentuk perhatian yang lainnya. Bentuk perhatian kecil yang seperti ini bisa memberi kesan tersendiri khususnya bagi setiap individu di dalam tim dan hal tersebut seharusnya tak sulit dilakukan para pemimpin di dalam tim.

Mengenali pekerjaan dengan baik

Ini ada kaitannya dengan penghargaan. Pada saat seseorang lakukan sesuatu yang mengagumkan maka jangan lupa untuk beritahukan kepada mereka. Mereka akan merasa lebih dihargai lagi. Mengenali tiap individu di dalam tim startup Anda merupakan salah satu bentuk upaya yang sangat baik sekali untuk mengakui kinerja mereka. Hal yang demikian ini dapat memacu dan juga memotivasi tim supaya bisa bekerja dengan baik dari waktu ke waktunya.

Mempromosikan dari dalam

Apabila ada orang di dalam sebuah tim yang lihat ada ruang untuk kembangkan karir mereka di dalam tim atau pun organisasi, hal tersebut berbicara tentang ukuran. Cari tahu kemampuan dan juga talenta mereka serta carilah jalan untuk kembangkannya guna keperluan bisnis startup di masa depan. Bila diperlukan, Anda bisa mengadakan atau pun ikutkan mereka ke dalam sebuah pelatihan guna mengembangkannya.

Demikian tips menjaga produktifitas dan moral tim pada startup yang bisa kami bagikan. Semoga saja bermanfaat.

Artikel ini telah dibaca 304 kali

Baca Lainnya